Pages

Monday, January 21, 2013

Aqua Regia



AQUA REGIA

Aqua regia (bahasa Latin yang berarti “air kerajaan”) adalah larutan yang dibuat dari percampuran asam klorida pekat dan asam nitrat pekat. Larutan ini bersifat sangat korosif, mengeluarkan uap berwarna kuning. Hanya larutan inilah yang sanggup melarutkan emas dan platina (logam-logam yang paling mulia menurut deret Volta), dimana asam klorida pekat dan asam nitrat pekat secara terpisah tidak berpengaruh pada emas tetapi campuran dari dua asam secara dramatis bereaksi dengan emas oleh karenanyalah disebut sebagai aqua regia atau Air Raja. Tetapi karena sifatnya yang kurang stabil, maka larutan ini baru dibuat jika akan dipakai.
Asap berwarna kuning disebabkan oleh reaksi asam nitrat, HNO3, dengan hidrogen klorida, HCl, untuk membentuk nitrosyl klorida (NOCl), klorin (Cl2) dan air, keduanya klorin dan klorida nitrosyl berwarna kuning dan volatile. Nitrosyl klorida yang selanjutnya terurai menjadi nitrit oksida (NO), dan klorin. Asam nitrat adalah agen oksidator yang kuat (lihat oksidasi dan reduksi), tetapi kesetimbangan kimia untuk reaksi dengan emas, Au, hanya mengijinkan pembentukan jumlah kecil ion Au 3+, sehingga jumlah emas murni yang dilarutkan dalam asam nitrat terdeteksi.
Kehadiran ion klorida memungkinkan pembentukan chloraurate stabil ion kompleks, [AuCl] 4 -. Karena tingginya konsentrasi ion klorida dalam aqua regia, Au segera bereaksi setelah terbentuk, menjaga konsentrasi rendah oksidasi ini lebih memungkinkan untuk Au +3, dan emas dibubarkan. Emas juga dapat bereaksi langsung dengan klorin bebas di aqua regia, karena klorin adalah agen oksidator yang sangat kuat.
Tapi tahukah kamu?? Kalo komposisi asam klorida pekat dan asam nitrat pekat dalam aqua regia yang digunakan oleh pendulang emas untuk memurnikan emas dengan yang digunakan untuk pengujian berbeda!!
Komposisi Aqua Regia (biasa disebut dengan air raja atau air uji II) yang kita gunakan terdiri atas 3 bagian Hydrochloric Acid dan 2 bagian Nitric Acid).
Komposisi seperti itu dimaksudkan untuk mempercepat reaksi air uji dalam penentuan kadar emas dalam angka (24K, 23K, 22K dst), dengan komposisi Nitric Acid sebanyak 40% karena pada dasarnya, Nitric Acid (HNO3) adalah cairan kimia yang bersifat korosif terhadap logam nonemas. Sdangkan para pedagang/tukang emas menggunakan komposisi Aqua Regia 3 : 1 atau dengan komposisi HNO3 yang lebih sedikit yaitu 25% karena mereka mengacu kepada hasil uji berupa angka persentase dengan range yang lebih pendek (mis 98%, 97%, 96%, dst) sehingga lebih akurat meskipun reaksinya lebih lambat.
persamaan reaksinya kalau tidak salah sbb:
1. Timah + larutan aqua regia
3 Sn(s) + 6 HCl(aq) + 2 HNO3(aq) => 3 SnCl2(aq) + 4 H2O(l) + 2 NO(g)

2. Zink + larutan aqua regia
3 Zn(s) + 6 HCl(aq) + 2 HNO3(aq) → 3 ZnCl2(aq) + 4 H2O(l) + 2 NO(g)

3. Perak + asam nitrat encer
Ag(s) + 2 HNO3 (aq) → AgNO3 + H2O(l) + NO(g)

4. Kalium + Larutan Kromium (III) nitrat
larutan Kromium (III) nitrat mengandung air.
Kalium akan bereaksi dengan air tersebut.
sehingga persamaannya sebagai berikut:
2 K (s) + 2H2O (l) → 2KOH (aq) + H2 (g)

5. zink + larutan kupri (II) sulfat
Zn(s) + CuSO4 (aq) → ZnSO4 (aq) + Cu (s)
Sumber
http://www.scribd.com/doc/80603697/Aqua-Regia

1 comment: